Marquee

WELCOME TO MY KINGDOM!! ENJOY :D

Laman

17 Oktober 2011

E-Banking di Bank BRI

Pada tugas softskill kali ini, saya akan menjelaskan tentang E-Banking di bank BRI (Bank Rakyat Indonesia). Pembahasannya meliputi sekilas tentang profil bank, dan materi utama yang akan dibahas adalah tentang fitur M-Banking dan I-Banking di bank BRI. Mungkin sekarang anda sudah bertanya-tanya, apa sih E-Banking itu? apa perbedaan E-Banking, M-Banking dan I-Banking? dan lain sebagainya. Nanti saya akan menjelaskan hal-hal tersebut lebih detil. Sekarang terlebih dahulu saya akan membahas profil bank BRI.


Profil Bank BRI  

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto", suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.

Pada periode setelah kemerdekaan RI, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 1946 Pasal 1 disebutkan bahwa BRI adalah sebagai Bank Pemerintah pertama di Republik Indonesia. Dalam masa perang mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948, kegiatan BRI sempat terhenti untuk sementara waktu dan baru mulai aktif kembali setelah perjanjian Renville pada tahun 1949 dengan berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada waktu itu melalui PERPU No. 41 tahun 1960 dibentuklah Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan peleburan dari BRI, Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Maatschappij (NHM). Kemudian berdasarkan Penetapan Presiden (Penpres) No. 9 tahun 1965, BKTN diintegrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan.

Setelah berjalan selama satu bulan, keluar Penpres No. 17 tahun 1965 tentang pembentukan bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia. Dalam ketentuan baru itu, Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (eks BKTN) diintegrasikan dengan nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural, sedangkan NHM menjadi Bank Negara Indonesia unit II bidang Ekspor Impor (Exim).
Berdasarkan Undang-Undang No. 14 tahun 1967 tentang Undang-undang Pokok Perbankan dan Undang-undang No. 13 tahun 1968 tentang Undang-undang Bank Sentral, yang intinya mengembalikan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Rular dan Ekspor Impor dipisahkan masing-masing menjadi dua Bank yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Selanjutnya berdasarkan Undang-undang No. 21 tahun 1968 menetapkan kembali tugas-tugas pokok BRI sebagai bank umum.

Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-Undang Perbankan No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992 status BRI berubah menjadi perseroan terbatas. Kepemilikan BRI saat itu masih 100% di tangan Pemerintah Republik Indonesia. Pada tahun 2003, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menjual 30% saham bank ini, sehingga menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., yang masih digunakan sampai dengan saat ini.


Sumber 

Demikianlah sekilas tentang profil bank BRI. Salah satu bank pelat merah pertama di Indonesia yang masih berdiri sampai sekarang ini. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pelayanan perbankan di Indonesia termasuk juga bank BRI memasuki fase yang lebih maju sehingga memudahkan pengguna jasa perbankan dalam bertransaksi. Sebagai contoh, pada awal mulanya fungsi bank adalah media untuk menyimpan uang agar lebih aman daripada menyimpannya di rumah. Namun dapat dilihat sekarang fungsi bank bukan hanya hal tersebut, sekarang dengan dukungan teknologi informasi kita dapat melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran berbagai tagihan, pembelian tiket pesawat, pembelian pulsa, dan lain-lain lewat fasilitas E-Banking.

Seperti janji saya di awal, sekarang saya akan menjelaskan tentang E-Banking, M-Banking dan I-Banking lebih mendetail.  Terlebih dahulu coba anda baca artikel berikut.

E-Banking

E-banking adalah salah satu sektor yang paling dramatis terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah perbankan. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di perbankan nasional relatif lebih maju dibandingkan sektor lainnya. Berbagai jenis teknologinya diantaranya meliputi Automated Teller Machine,Banking Application System, Real Time Gross Settlement System, Sistem Kliring Elektronik, dan internet banking. Bank Indonesia sendiri lebih sering menggunakan istilah Teknologi Sistem Informasi (TSI) Perbankan untuk semua terapan teknologi informasi dan komunikasi dalam layanan perbankan. Istilah lain yang lebih populer adalah Electronic Banking. Electronic banking mencakup wilayah yang luas dari teknologi yang berkembang pesat akhir-akhir ini. Beberapa diantaranya terkait dengan layanan perbankan di “garis depan” atau front end, seperti ATM dan komputerisiasi (sistem) perbankan, dan beberapa kelompok lainnya bersifat back end, yaitu teknologi-teknologi yang digunakan oleh lembaga keuangan,merchant, atau penyedia jasa transaksi, misalnya electronic check conversion.

Dengan Electronic Banking, kita tidak perlu lagi membuang waktu untuk antri di kantor-kantor bank atau ATM, karena saat ini banyak transaksi perbankan dapat dilakukan dimanapun, dan kapanpun dengan midah dan praktis melalui jaringan elektronik, seperti internet, handphone, dan telepon. Contohnya adalah transfer dana antar rekening maupun antar bank, pembayaran tagigan, pembelian pulsa isi ulang, ataupun pengecekan mutasi dan saldo rekening. Cara Mendapatkan E-Banking bagi yang telah memiliki rekening Tabungan atau Giro dapat mengajukan layanan E-Banking, yang meliputi internet banking, mobile banking, phone banking dan sms banking.

Sumber

Setelah membaca artikel di atas, saya rasa makin memperjelas bahwasanya M-Banking, I-Banking, dan semua hal yang terkait langsung dengan rekening bank merupakan bagian E-Banking. Jika dianalogikan sebagai sebuah kalimat, E-Banking merupakan induk kalimat sedangkan M-Banking dan I-Banking merupakan anak kalimatnya. Saya rasa cukup untuk penjelasan tentang E-Banking, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang M-Banking dan I-Banking. Silahkan anda baca artikel dibawah ini.


M-Banking
Layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone GSM (Global for Mobile Communication) dengan menggunakan SMS (Short Message Service). Jenis Transaksi: Transfer dana, Informasi saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar, Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi), Pembelian (pulsa isi ulang, saham). Jangan memberitahukan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda kepada orang lain dan setiap melakukan transaksi melalui SMS Banking, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima response balik atas transaksi tersebut.


I-Banking 
Internet Banking pada dasarnya merupakan gabungan dua istilah dasar yaitu Internet dan Banking (bank). Interconnected Network (Internet) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung dengan ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan dengan menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Internet merupakan informasi yang menghubungkan satu pengguna dengan pengguna lainnya dalam suatu jaringan informasi yang lebih luas lagi yang sering disebut sebagai cyberspace. Internet (Interconnected Network) merupakan jaringan (network) komputer yang terdiri dari ribuan jaringan komputer independen yang dihubungkan satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer ini dapat terdiri dari lembaga pendidikan, pemerintahan, militer, organisasi, bisnis dan organisasi lainnya. Internet sebagai wujud, konvergensi telematika (perpaduan teknologi komputer, media, dan teknologi informasi) telah menghasilkan kemudahan dalam mengatasi permasalahan geografis, sehingga berbagai aktifitas manusia tidak terhalang dengan jarak, ruang, dan waktu. Saat ini internet telah menghubungkan lebih dari 100.000 jaringan komputer di dunia dengan pemakai lebih dari 100 juta orang.Dapat melakukan transaksi perbankan (finansial dan non-finansial) melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet bank. Jenis Transaksi : Transfer dana, Informasi saldo, mutasi rekening, informasi nilai tukar, Pembayaran tagihan (misal: kartu kredit, telepon, handphone, listrik), Pembelian (misal: pulsa isi ulang, tiket pesawat, saham).
 

Sumber

Dari artikel di atas dapat saya simpulkan bahwasanya perbedaan M-Banking dan I-Banking terletak pada device yang digunakan. M-Banking membutuhkan device berupa telepon selular/handphone baik dengan koneksi GSM maupun CDMA sedangkan I-Banking membutuhkan device berupa komputer dan jaringan yang tentunya sudah terkoneksi internet. Untuk layanan transaksi kedua fasilitas tersebut relatif sama.

Selanjutnya saya akan membahas layanan M-Banking dan I-Banking di bank BRI yang mencakup keunggulan dan fasilitas yang diberikan oleh layanan tersebut.

M-Banking BRI
M-Banking BRI terbagi menjadi dua kategori yaitu SMS Banking dan Phone Banking. Berikut ini adalah keunggulan dan fasilitas yang diberikan dari kedua layanan tersebut: 


-  SMS Banking BRI
Keunggulan :
Apapun jenis dan tipe handphone anda dan dengan provider kepercayaan anda,sms banking BRI akan melayani kebutuhan transaksi perbankan yang anda lakukan. BRI memberikan 2 jenis layanan :
  • Berbasis menu, yaitu layanan SMS Banking yang menggunakan menu sebagai perintah transaksinya.
  • Plain text, yaitu layanan SMS Banking dengan mengirimkan perintah transaksi yang akan dilakukan ke nomor 3300.
Any time, any where, any device layanan sms banking BRI dapat anda nikmati.

Fasilitas :
 1. smsINFO
  • Informasi Saldo
  • PLN
  • Telkom 
  • Kartu Halo
  • Matrix
  • Rek Tujuan Transfer bank lain 
  • Ganti PIN 
  • Bantuan/ Help
2. smsTRANSFER
  • Transfer Antar Rekening BRI
  • Transfer Antar Bank
3. smsPREPAID
  • Pembelian Pulsa Isi Ulang (Simpati/AS, Mentari, XL, IM3 SMART, Axis)
4. smsPAYMENT
  • Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BRI
  • Pembayaran DPLK
  • Pembayaran Zakat YBM BRI
  • Pembayaran Infaq YBM BRI
  • Pembayaran Tagihan Citibank
  • Pembayaran Tagihan SCB
  • Pembayaran Tagihan HSBC
  • Pembayaran Tagihan RBS
  • Pembayaran Tagihan ANZ
  • Pembayaran Zakat Dompet Dhuafa (DD)
  • Pembayaran Infaq Dompet Dhuafa (DD)
  • Pembayaran Tagihan Lainnya
  • Pembayaran Tagihan PLN
  • Pembayaran Tagihan Telkom
  • Pembayaran Tagihan Kartu Halo
  • Pembayaran Tagihan Matrix
5. smsPURCHASE


-  Phone Banking BRI
Keunggulan : 
Mudah
Anda dapat melalukan berbagai transaksi perbankan tanpa harus datang ke bank atau atm, cukup dengan menggunakan sarana telepon dan handphone yang dapat diakses dimanapun anda berada. 
User Friendly
 Anda dapat menggunakan kode singkat untuk memilih fitur phone banking, yaitu dengan cara menekan tanda pagar (#) diikuti 3 angka kode singkat.

Fasilitas :
  • Fitur Informasi Produk/Jasa (Information Inquiry)

    • Informasi Produk/Jasa
    • Informasi Produk/Jasa BRI mencakup semua jenis produk (dana, jasa, pinjaman) BRI.
    • Informasi Suku Bunga, Kurs dan Biaya Jasa
    • Informasi lokasi unit kerja BRI (Kanca/KCP/KK/Unit/Payment Point/ATM).
  • Fitur Transaksi Keuangan
    •  Informasi Saldo
    • Informasi  Mutasi Transaksi, 5 transaksi terakhir (maksimum dalam waktu 2 bulan terakhir)
    • Informasi Tagihan (PLN, Telkom dan Flexi)
    • Transfer/Overbooking (antar rekening di BRI)
    • Pembayaran Tagihan (bill payment)
      • Kartu Kredit BRI
      • Telepon (Telkom), Kartu Halo dan Matrix
      • Citibank (kartu kredit, personal loan dan ready cash)
      • Standared Chartered Bank (Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan)
      • ANZ (Kartu kredit)
      • HSBC (Kartu kredit dan personal loan)
    • Pembelian Pulsa (Simpati, Mentari, IM3 dan XL,  SMART, AXIS, 3)
    • Cetak Salinan Rekening Koran
    • Pencetakan salinan rekening koran (R/C) satu bulan terakhir dengan maksimum 50 transaksi terakhir. Pengiriman salinan R/C dapat melalui media facsimile sesuai permintaan anda.
    • Blokir Kartu (ATM / Kartu Kredit) karena hilang/rusak.

-  Internet Banking BRI 
Keunggulan : 
Mudah
Cukup melakukan registrasi Internet Banking BRI di ATM BRI dan registrasi mTOKEN di Customer Service Kanca/KCP BRI maka anda dapat langsung bertansaksi dengan mengakses alamat https://ib.bri.co.id
User Friendly
Design mudah dimengerti dan digunakan, sehingga anda tidak perlu membaca buku manual untuk menggunakan menu-menu dasar yang ada
Dapat Dilakukan Setiap Saat
Penggunaan internet banking dimaksudkan untuk memudahkan anda melakukan transaksi perbankan pada berbagai situasi dan keadaan.
Keamanan Yang Berlapis
  • Menggunakan teknologi kriptografi seperti penggunaan enkripsi dengan menggunakan SSL (Secure Socket Layer) yang akan mengacak dan menyandikan data transaksi.
  • Dilengkapi dengan mTOKEN sebagai kode pengaman tambahan yang diberikan kepada pengguna Internet  Banking untuk dapat melakukan transaksi financial. mTOKEN dikirim melalui SMS setelah pengguna melakukan permintaan mTOKEN.
Tidak Memerlukan Perangkat Tambahan
Karena mTOKEN akan dikirimkan via sms ke nomor handphone anda maka tidak diperlukan perangkat tambahan yang harus anda bawa.
  • mTOKEN
    Token yang digunakan berupa mobile Token (mTOKEN) dimana kode pengaman tambahan akan dikirim melalui SMS setelah pengguna melakukan permintaan mTOKEN. Menu permintaan mTOKEN terdapat pada website IB BRI yang diakses melalui https://ib.bri.co.id
    • 1 (satu) mTOKEN hanya bisa digunakan untuk 1 kali transaksi finansial.
    • mTOKEN hanya dikirimkan ke Nomor HP anda yang telah diregistrasikan melalui Unit Kerja BRI setelah ada permintaan dari anda melalui layar Internet Banking.
    • Setiap kali request mTOKEN, anda akan mendapatkan 5 (lima) nomor kombinasi yang dikirim melalui SMS dari nomor khusus.
    • Ke-5 mTOKEN tersebut dapat digunakan untuk melakukan 5 kali transaksi dalam 12 Jam. Lewat dari waktu 12 Jam, ke 5 (lima) atau sebagian sisa mobile token yang telah digunakan tersebut akan expired.

Fasilitas :
  • Informasi Rekening
    • Informasi Saldo
    • Mutasi Rekening
  • Transfer Dana
    • Transfer
      • Transfer Antar Rek BRI
      • Transfer ke Bank lain.
    • Transaksi Terjadwal
      • Tambah Transfer
      • Lihat Status
    • Daftar Transfer
  • Pembayaran dan Pembelian
    • Pembayaran Tagihan
      • KK Bank BRI
      • KK Bank Lain : Citibank, RBS, ANZ, SCB, HSBC
      • Telepon/Selular : Telkom, Kartu Halo, Flexi, Matrix
      • Listrik
      • KTA Bank Lain : Citibank, RBS, SCB, HSBC
      • Internet : Speedy, Flash
      • Pembayaran Multifinance :FIF, BAF, Financia, OTO, Verena, WOM
    • Pembayaran terpadu (pembayaran untuk beberapa transaksi sekaligus dalam satu kali ekskusi)
    • Pembelian
      • Isi Ulang Pulsa: IM3, Mentari, Simpati, Kartu As, XL, SMART, AXIS, 3
      • Deposit e-Money
    • Transaksi terjadwal
      • Tambah Pembayaran Tagihan
      • Lihat Status
      • Daftar Pembayaran
  • Daftar Pembayaran  Pelayanan Nasabah
    • Pesan
      • Pesan Masuk
      • Pesan yang telah terkirim
      • Buat Pesan Baru
    • Administrasi
      • Ubah Password
      • Ubah Alamat email
      • Catatan aktivitas
    • Daftar rekening tujuan
      • Transfer dana
      • Pembayaran tagihan


Sumber

Dari informasi di atas, dapat dilihat bahwa fitur E-Banking dari bank BRI baik SMS Banking, Phone Banking maupun Internet Banking memiliki keunggulan dan fasilitas yang berbeda-beda namun tetap pada satu tujuan yaitu memudahkan kita sebagai pengguna jasa dalam melakukan berbagai macam transaksi perbankan.Kita tinggal memilih saja layanan mana yang sesuai dengan kebutuhkan, sehingga dapat memudahkan berbagai aktifitas yang berhubungan dengan transaksi perbankan tanpa harus repot-repot pergi ke kantor cabang BRI.

Demikianlah penjelasan untuk tugas softskill kali ini. Apabila ada kekurangan atau kata-kata yang berkenan harap dimaklumi. 
MAJU TERUS IT & PERBANKAN INDONESIA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar