Definisi :
- Seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan animasi komputer(Hearn & Baker)
- Merupakan sekumpulan alat terdiri dari hardware dan software yang digunakan untuk membuat gambar (to create pictures) dan berinteraksi dengan gambar dengan cara-cara seperti yang biasa digunakan (Hill)
Grafika komputer telah menunjukkan kemajuan yang pesat dalam pengembangan berbagai aplikasi untuk menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi dalam sains dan engineering memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer interaktif.
Pada saat ini grafika komputer digunakan secara rutin dibidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, bisnis, industri, pemerintahan, seni, hiburan, pendidikan, periklanan, dan lain sebagainya.
Kegiatan yang Terkait dengan Grafik Komputer
- Pemodelangeometris: menciptakanmodel matematikadariobjek-objek2D dan3D.
- Rendering:memproduksicitra yang lebih solid dari modelyang telah dibentuk.
- Animasi:Menetapkan/menampilkankembalitingkahlaku/behavior objekbergantungwaktu.
Kerangka Grafik Komputer Interaktif
Graphics library/package (contoh:OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphics System). Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphicslibrary. Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra. Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
Tipe-Tipe Grafik Komputer
Dalam desain grafis (graphic design) ada dua macam tipe grafik, yaitu grafik vektor dan grafik bitmap. Apa itu grafik vektor dan grafik bitmap? Grafik vektor adalah grafik yang berbasis besaran dan arah. Grafik vektor dapat berupa garis dan kurva. Sedangkan grafik bitmap adalah grafik yang memiliki banyak titik atau pixel dengan warna yang menawan.
Perbandingan grafik vektor dan grafik bitmap
Untuk mempermudah memahami, berikut ini perbandingan antaran kedua tipe grafik: (Andi Pramono: 2009, 4)
Grafik Vektor
- Terdiri atas kurva dan garis berdasarkan rumus matematis
- Resolution independent
- Memerlukan ruang penyimpangan yang relatif kecil
- Cocok untuk gambar dengan warna sederhana
Grafik Bitmap
- Terdiri atas kumpulan pixel dengan warna tertentu
- Resolution dependent
- Memelukan ruang penyimpanan yang relatif lebih besar
- Cocok untuk gambar yang detail dengan gradasi warna yang rumit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar