Marquee

WELCOME TO MY KINGDOM!! ENJOY :D

Laman

12 Desember 2009

Mengatasi Hardisk Badsector

Bayangkan jika hard disk anda yang berisi file-file penting mengalami bad sector? Pasti anda akan panik bila mengalami hal tersebut. Hal ini pernah saya alami ketika hard disk external saya mengalami bad sector karena kesalahan system operasi(muncul tulisan “Windows delayed write failure”). Setelah itu hard disk saya tidak memberi respon sama sekali. Bukan main, pada saat itu saya lumayan panik karena memikirkan data yang sudah susah payah dikumpulkan hilang begitu saja dalam waktu sepersekian detik. Sungguh mengecewakan bukan?



Setelah merasa tenang dan otak saya sudah mulai jernih. Saya mencoba searching di om gugle tentang troubleshooting hardisk. Setelah searching yang cukup memakan waktu, saya menemukan software yang dapat merecovered bad sector pada hard disk. Nama softwarenya yaitu HDD Regenerator. Tanpa berpikir panjang, saya download dan install saja software itu. Karena pada waktu itu merupakan pengalaman pertama saya mengalami HDD yang bad sector, saya sempat harap-harap cemas ketika software HDD Regenerator sedang melakukan proses scan and repair. Bukan apa-apa, proses tersebut memakan waktu yang sangat lama yaitu kurang lebih 6 jam (ini mungkin karena kapasitas HDD saya 320 GB… hehehe). Selama proses tersebut, yang ada di pikiran saya hanyalah “udah nunggu 6 jam, kalo ampe gagal gimana yaa??huhuhu”. Setelah 6 jam terlewati dan proses tersebut telah selesai, saya pun dapat tersenyum manis (hoooeekkk… lebay!!!) karena data saya kembali dengan utuh dan hard disk saya dapat merespon dengan baik kembali.

Untuk itu saya akan memberikan sedikit tutorial menggunkan HDD Regenerator:
1.Jalankan program HDD Regenerator
2.Klik Regeneration, kemudian klik Start process under windows



3.Setelah itu pilih HDD mana yang bad, kemudian klik start process



4.Setelah itu ada 4 pilihan proses, pilih yang no.1 yaitu scan and repair, kemudian enter



5.Setelah itu masukan angka sector kemudian ketik M(dalam Mb), maksudnya untuk menentukan pada sector mana akan dimulai proses



6.Proses repair akan berjalan dan selamat menunggu... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar